Andi Sri Juliarty

141.355 Jiwa Hasil Validasi Calon Peserta BPJS Kesehatan Gratis di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 141.133 warga Kota Balikpapan menjadi calon peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 gratis yang merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, validasi dilakukan Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (disdukcapil) dan telah diserahkan ke BPJS Kesehatan,

“Validasi kita dari capil sudah selesai, capil kirim kembali ke BPJS,” ujarnya, Minggu (26/09/2021).

Dia mengatakan, dari jumlah itu ada beberapa yang status BPJS nya tidak aktif karena ada tunggakan. “Kalau yang aktif sama yang tidak aktif, tidak aktif itu ada tuggakan-tunggakannya,” ujarnya.

Sementara yang belum mendaftar ada sekitar 46 ribu dengan berbagai macam alasan. Sehingga Pemkot berusaha untuk mencari cara agar bisa menjadi peserta.

“Kelas 3 yang nunggak 56.634 tetap harus kita lindungi yang aktif kelas 3 sebanyak 84,721 jiwa,” bebernya.

Bagi warga yang mendaftar, salah satu yang akan gencar dilakukan Pemkot yakni melalui kelurahan dan RT. Karena akan lebih mudah juga mengetahui ekonomi calon peserta.

“Ada keuntungannya kalau lewat RT dan kelurahan dia bisa tahu ekonominya. Kalau lewat aplikasi memang lebih modern, canggih, keuntungannya cepat,” tandasnya.

“Bapak (Wali Kota) setujunya pakai metode lama (melalui kelurahan dan RT). Jadi tahu semua peserta kondisi ekonominya,” sebutnya.

Dia menambahkan, rencananya program BPJS Kesehatan kelas 3 gratis akan mulai pada 1 Oktober 2021. “Tanggal 1 gak pake launching tinggal jalan” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  September- Desember 2021 Dialokasi Rp 17 Miliar untuk Program BPJS Kesehatan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.