Aliansi Jurnalis Independen

AJI Sesalkan Tindakan Pengeroyokan Peserta Konvoi Terhadap Dua Jurnalis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro menyesalkan tindakan kekerasan berupa pengeroyokan, yang dilakukan sejumlah peserta konvoi terhadap dua jurnalis saat melakukan peliputan.

Dua jurnalis yang mengalami kekerasan itu yakni Misbahul Munir, jurnalis media siber JatimNow.com, serta Mohamad Rizki dari blokBojonegoro.com.

Kejadian tersebut bermula saat kedua korban berusaha mengambil foto konvoi dan arak-arakan yang dilakukan oleh sekelompok orang (massa), di seputaran bunderan adipura Kota Bojonegoro pada Kamis (5/1/2023) malam.

Mengetahui aksi konvoinya difoto, sejumlah orang–bagian dari massa konvoi–langsung memukul dan menendang 2 jurnalis tersebut. Beruntung keduanya langsung lari menyelamatkan diri dari amukan massa.

Ketua AJI Bojonegoro Dedi Mahdi menyesalkan kejadian tersebut. Kerja jurnalis adalah untuk kepentingan publik dan itu dilindungi undang-undang, kekerasan dalam bentuk apapun tidak bisa dibenarkan.

“Jurnalis melakukan peliputan itu bisa jadi konvoi arak-arakan yang dilakukan massa, menganggu keamanan dan ketertiban umum,” ungkap Dedi dalam siaran persnya.

Dedi menambahkan, akibat tindakan kekerasan tersebut kedua korban mengalami luka memar pada bagian wajah, dada hingga perut.

“Aparat keamanan seharusnya mampu mengendalikan para peserta konvoi tersebut, agar tak menimbulkan gangguan kamtibmas,” tambahnya.

AJI Bojonegoro juga mengimbau bagi para jurnalis agar lebih berhati-hati, terutama saat melakukan peliputan kegiatan yang melibatkan massa/banyak orang, jurnalis harus mempunyai bekal untuk keselamatan dirinya masing-masing agar terhindar dari aksi kekerasan.

Comments

comments

Baca juga ini :  AJI dan LBH Pers Kecam Dugaan Intimidasi Terhadap Jurnalis Tempo Saat Meliput Konflik di Desa Wadas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.