Bantu Konservasi Ruang Laut di Sepinggan Raya

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Direktorat Jenderal Pengeloaan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Kota Pontianak memberikan bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Pokmaswas Mina Sari, Balikpapan.

Di mana bantuan tersebut berupa barang penunjang konservasi ruang laut seperti scuba set sebanyak 2 set, alat snorkling 3 set, wet sult 1 unit, tabung selam 3 unit, pemberat 20 unit, kamera bawah air 1 unit, dan fish finder 1 unit senilai Rp99 juta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan kawasan Pantai Seraya Jalan Mulawarman Gang Nelayan RT. 29, Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan pada Selasa (24/5/2022) siang.

Kepala BPSPL Pontianak Andry I. Sukmoputro mengatakan, bahwa kegiatan itu dalam rangka memberikan apresiasi kepada kelompok masyarakat pegiat konservasi termasuk kelompok masyarakat yang membantu pemerintah dalam hal ini sektor Kelautan dan Perikanan.

“Yang menjaga wilayah perairannya dan juga melakukan perlindungan dan pelestarian baik itu kawasan konservasi maupun jenis ikan yang dilindungi. Kebetulan di sini kelompok Masyarakat Minasari,” ujar Andry. 

“Setelah dilakukan evaluasi oleh kami dari sekian banyak kelompok masyarakat yang disusulkan diberikan apresiasi oleh pemerintah dalam bentuk bantuan pemerintah atau biasa disebut Kompak bantuan pemerintah Kelompok Pegiat Konservasi,”paparnya. 

Menurutnya bahwa kelompok masyarakat tersebut dikaitkan dengan aktivitas mereka untuk membantu pengawasan seperti ilegal fishing.

“Tentunya ada beberapa bantuan seperti kamera bawah laut yang tentunya sifatnya bukan penegakan hukum melainkan sifatnya melaporkan kepada aparat penegak hukum (APH) dalam hal ini melalui pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan maupun APH lainnya,”bebernya.

Dia berharap dengan adanya penyaluran bantuan pemerintah bisa menjadi pemantik bagi masyarakat dalam pengelolaan sekaligus pengawasan sumberdaya perairan.

“Sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan konservasi perairan dari sisi ekologi, sosial dan ekonomi masyarakat pesisir. Selain itu diharapkan menciptakan kemitraan yang baik antara pemerintah dan kelompok masyarakat,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.