Basarnas Dirikan 10 Posko Kesiapsiagaan di Kaltim dan Kaltara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – mengantisipasi arus mudik, Basarnas Kaltim dan Kaltara akan mendirikan 8 posko kesiapsiagaan pelaksanaan angkutan lebaran yang rencananya pada H-10 hingga Hari+10 Idul Fitri 2017.

Kepala Basarnas Balikpapan Mujiono mengatakan, posko akan didirikan khususnya di daerah rawan kecelakaan. Sehingga Basarnas bisa langsung melakukan pertolongan jika terjadi kecelakan atau musibah.

“Ada 8 titik, dan kalau ditotal ada 10 posko tersebar di wilayah Kaltim dan Kaltara mengingat areanya sangat luas. Ini upaya respon Times harus terus dilakukan,” kata Mujiono.

Menurutnya, sebanyak 65 personil akan disiapsiagakan di posko yang dibantu dengan personil TNI dan organisasi kemasyarakatan, diantaranya di Kabupaten Nunukan terdapat tiga posko yakni Tunon Taka, Sungai Jepun, Pantai Etching.

Sementara untuk kota Tarakan juga terdapat tiga posko yaitu Bandara Kuala, pantai Amal, Tidak. Sedangkan Kota Bontang posko ada di simpang Bontang, Pelabuhan Kenyamukan, simpang empat jalan Pelangi.

Termasuk posko di Kutai Timur, dan Balikpapan yakni ada 5 posko yakni Pelabuhan Semayang, Bandara Sepinggan, Pantai Manggar dan Lamaru, Km 8 dan jalur ke Samarinda.

“Memang kendalanya itu luas wilayah dan juga keterbatasan personil, selama ini. Tapi kita akan berusaha melakukan pencegahan, penanggulangan dan respon time dalam pertolongn terhadap kejadian,” ujarnya.

Dia menambahkan, khusus untuk wilayah Balikpapan, pihaknya menambahkan kesiapsiagaan di Kantor Basarnas dilakukan 24 jam, dan siaga juga dilakukan untuk bencana banjir dan longsor.

Comments

comments

Baca juga ini :  Basarnas Kaltim Kirim 6 Personil dan Peralatan Bantu Bencana Banjir Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.