Jaga Ekstetik Kota, DLH Siapkan Kontainer Sampah

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan secara bertahap di tahun 2024 akan kembali menyiapkan sejumlah kontainer sampah.

Kepala DLH Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, saat ini sudah ada 40 kontainer tersebar dibeberapa titik di Kota Balikpapan. Menurutnya penggunaan kontainer memiliki banyak fungsi diantaranya mempercepat proses pengangkutan sampah.

“Dengan kontainer kami bisa hemat waktu dan petugas, jika manual masih menggunakan bak sampah biasa memerlukan 5 petugas, tapi gunakan kontainer cukup dua petugas,” ujar Sudirman Djayaleksana kepada media, Jumat (12/1/2024).

Hal ini juga mendukung ekstetik Kota, yang mana sudah tidak ada lagi bak-bak sampah yang berada di pinggir jalan. Keberadaan kontainer ini menggantikan TPS yang ada sebelumnya. Adapun peletakan dilokasi lebih ke arah pemukiman warga.

“Untuk itu kami bekerja sama  dengan pihak kelurahan TPS mana yang dibongkar dan digantikan dengan kontainer sampah,” akunya.

Yang juga patut diperhatikan untuk pemukiman perumahan diminta menyediakan sendiri tempat pengelola sampah oleh pihak developer. Hal ini berbeda dengan pemukiman di perkampungan, akan disiapkan kontainer.

“Dalam undang-undang persampahan, pihak developer wajib menyiapkan fasilitas pengelolaan sampah,” tuturnya.

“Adapun penentuan titik-titik penempatan kontainer pihaknya juga bekerja sama dengan kelurahan lokasi mana yang cocok ditaruh,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pertahankan Ekosistem Mangrove dengan Terapkan Simbiosis Sama-Sama Menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.