Waega Balikpapan yang mengurus e-KTP di Kantor Disdukcapil Balikpapan

Pasca Lebaran Jumlah Pendatang Belum Signifikan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga tiga pekan setelah lebaran, jumlah pendatang dari luar daerah yang ingin mengadu nasibnya di Kota Balikpapan nampaknya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Hesbullah Helmi mengatakan, belum terlihat adanya lonjakkan pendatang. Namun dia memprediksi kemungkinan Agustus depan.

“Pasca lebaran Jumlah pendatang memang tidak signifikan. Termasuk tahun ini, pasca lebaran sampai saat ini pendatang belum kelihatan. Tapi jumlah fixnya bisa diketahui agustus bulan depan,” ujar Helmi

“Tertinggi di Januari bisa capai 2.100 pendatang di 2017 tahun lalu. Januari tahun ini hana 1.800,”

Sementara terkait banyaknya warga yang terlihat melakukan perekaman e-KTP, Helmi mengatakan, bukan warga pendatang. Namun warga Kota Balikpapan yang memang baru mengurusi KTP baru.

“Jadi mereka yang baru lulus sekolah SMA atau sudah usia 17 tahun, langsung melakukan perekaman e-KTP. Jadi banyaknya pelayanan ini tidak ada hubungannya dengan pendatang,” ujarnya.

“Sebenarnya masih lebih banyak yang melakukan perekaman ini seminggu sebelum Pilgub dari sekarang. Waktu jumlah kunjungan capai 600-700 orang setiap harinya. Sekarang sekira 400 orang saja setiap harinya,”

Dia menambahkan, saat ini jumlah warga Kota Balikpapan yang telah mengurus atau memiliki e-KTP mencapai 94 persen dari sekitar 430 ribu jiwa warga yang telah wajib KTP.

“Alhamdulillah blanko e-KTP sekarang enggak kurang lagi. Stok saat ini ada 3.000 blanko dan kami baru dapat dari Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Istrinya Disebut-sebut Bakal Maju Pilkada, Ini Kata Wali Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.