Persiapan Pembangunan IKN, Belum Ada Lonjakan Kunjungan Kapal di Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagai peyangga IKN baru di Penajam Paser Utara, letak Kota Balikpapan sangat strategis salah satunya sebagai pintu masuk barang yang menggunakan jalur laut.

Ketua Harian DPC INSA Balikpapan, Joko Subianto mengatakan, untuk saat ini traffik Kapal datang dan keluar Balikpapan masih normal artinya belum ada perubahan signifikan, ini kalau dilihat dari data KSOP.

“Kunjungan kapal dengan adanya IKN masih bisa dihitung yang kita perkirakan naik di awal tahun 2023, sudah banyak kegiatan dan kami diasosiasi sudah banyak dihubungin owner dalam dan luar negeri untuk melakukan kegiatan disini,” ujar Joko Subianto kepada media, Kamis (14/7/2022).

Untuk saat ini masih persiapan semua yang jelas pengumuman kontraktor juga belum dilakukan. Karena pasti ada kontraktor besar didalamnya ,tapi jelas di asosiasi maritim siap berperan serta dalam pembangunan IKN.

“Satu bulan normal 500-600 kunjungan kapal, kalau ada IKN naik 3 kali lipat sama seperti Surabaya Jakarta bisa sampai 2.000 kunjungan kapal. Lebih banyak kunjujgan kapal pada kegiatan batu bara, kontainer, kapal penumpang,” jelasnya.

Selain itu IKN Nusantara berpotensi meningkatkan dan akan  perusahaan perkapalan yang ada di Balikpapan dalam menambah jumlah armada kapal. Untuk Docking shipyard tidak perlu ke Jakarta atau Surabaya, cukup banyak perusahaan shipyard di Balikpapan yang bisa digunakan, INSA Balikpapan sudah siap untuk mengambil peran dan kesempatan untuk menjadi tuan rumah sendiri, Balikpapan sebagai kota penyangga IKN.

“Harapan secara khusus dari Pengurus dan anggota INSA Balikpapan agar dapat diberi ruang untuk memegang peranan penting didalam penunjang kegiatan IKN Nusantara, INSA perlu usaha dan  banyak belajar tentunya dengan literasi berkaitan dengan pengembangan IKN ini. Karena yang akan dibangun infrastruktur Pembangunan Istana Kepresidenan dan pemindahan Pegawai Negeri, peluang ini yang harus ditangkap, literasi menjadi pegangan buat pengusaha agar bisa lebih paham sehingga project  tidak lari keluar,” ungkapnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.