Penyuluhan gizi makanan Sehat untuk bayi dan pertolongan pertama pada Bayi

Pertamina Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Bagi Ibu dan Kader PKK di PPU

PENAJAM, Inibalikpapan.com –  PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan melakukan penyuluhan gizi makanan Sehat untuk bayi dan pertolongan pertama pada Bayi.

Kegiatan tersebut juga bagian dari program Warga Sehat Siaga, Kelompok Posyandu Dewi Shinta. Kegiatan dilaksanakn Aula Desa Giri Mukti, Penajam Paser Utara (PPU) pada Rabu (30/03/2022).

Penyuluhan ini bertujuan agar ibu-ibu mempunyai pengetahuan tentang perkembangan bayi sesuai tumbuh kembang anak. Selain itu, agar anak tidak mengalami pertumbuhan yang tidak normal atau terkena penyakit.

Hal tersebut dapat dicegah melalui pemberian makanan yang tepat, sehat, dan berdasarkan umur. Penyuluhan ini dihadiri oleh 25 ibu dan anak, 5 pendamping serta 6 kader PKK.

“Harapannya para Kader mempunyai pengetahuan dasar dalam perkembangan anak, pemberian makanan yang sehat, tepat, berdasarkan umur, serta mampu menyebarluaskan kepada masyarakat,” ujar pemateri dari UPT Puskesmas Petung Nurul Yatimah.

Di hari sebelumnya juga dilakukan penyuluhan Kelas Ibu Hamil. Penyuluhan ini bertujuan agar ibu-ibu dapat memahami bagaimana menjaga kondisi kandungan agar tetap sehat selama mengandung hingga melahirkan.

Pengetahuan ini diharapkan dapat mencegah kematian pada bayi dan ibu maupun cacat lahir pada bayi. Penyuluhan tersebut dihadiri oleh 20 Ibu hamil, pendamping posyandu 5, serta dari puskesmas pembantu 2 orang.

“Saya berharap angka kematian bayi dan ibu bisa berkurang khususnya di Desa Girimukti. Dari kelas ini para ibu dapat lebih belajar dan memahami proses kehamilan, melahirkan dan menyusui hingga mengurus anak,” ungkap Sekretaris Desa Girimukti, Sari Yulianti.

Penyuluhan ini juga menjadi ajang para Ibu hamil untuk bertukar pengalaman. “Harapan saya kelas ibu hamil tetap dilanjutkan agar ibu-ibu yang baru dapat pengalamannya,” ujar salah satu peserta penyuluhan Siti Robiah.

Baca juga ini :  Truk Mercedes Axor Meluncur di Balikpapan, Masih Bidik Segmen Industri BBM

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa Pertamina mendukung program yang dilaksanakan tersebut.

“Program ini adalah pondasi untuk menyiapkan generasi penerus bangsa. Ibu dan Bayi yang sehat akan menentukan kualitas generasi muda bangsa kita di masa depan,” tutup Chandra.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.