Peresmian Kampung Toga Muara Rapak Balikpapan

Pertamina MOR VI Kalimantan Resmikan Kampung Toga Muara Rapak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI melalui Integrated Terminal Balikpapan meresmikan program Corporate Social Responsibility  (CSR) Kampung TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di RT 49 Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan, Sabtu (19/12).

Dalam rilis yang diterima inibalikpapan, program ini termasuk dalam salah satu pilar CSR Pertamina yaitu Pertamina Sehat yang mana kegiatan ini adalah sebagai bentuk wujud kepedulian dan tanggungjawab perusahaan khususnya di wilayah operasi  

Program ini juga sejalan dengan perwujudan kota tanpa kumuh di kelurahan Muara Rapak. Selain itu juga bertujuan membantu masyarakat meningkatkan ketahanannya selama masa pandemi seperti saat ini meliputi ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, ketahanan keluarga, serta perlindungan kesehatan keluarga.

Ketua LKM Muara Rapak Adi Suwito menerangkan warga di kampung toga ini bekerja secara swadaya bergotong royong dan menata pemukiman mereka yang sebelumnya kumuh menjadi lebih bersih dan asri.

“Bantuan CSR Pertamina memiliki dampak yang luar biasa untuk masyarakat, dan kami warga muara rapak sangat berterima kasih,” ujarnya

Harapannya bantuan tersebut membawa keberkahan bagi masyarakat Muara Rapak. Termasuk dapat menjadi salah satu pilot project yang dapat dikembangkan di wilayah lainnya, selain di kelurahan Muara Rapak.

Tidak hanya menanam dan memperindah lingkungan, masyarakat juga mengolah tanaman toga ini menjadi beraneka bentuk olahan dari makanan ringan, hingga jamu-jamuan herbal yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh serta dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini juga dapat membantu menjaga ketahanan pangan serta ekonomi masyarakat.

“Melalui peresmian Kampung Toga, warga di sini diharapkan bukan hanya menanam, namun merawat dan dapat memanfaatkan secara maksimal tanaman obat-obatan khususnya membantu menjaga imun tubuh keluarga di masa Pandemi Covid-19 yang belum usai. Sehingga kesehatan keluarga dan masyarakat lainnya tetap terjaga dengan baik dari dalam diri” ujar Satria, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina MOR VI Kalimantan.

Baca juga ini :  40 Perusahaan Minati Pembangunan Gedung Dewan

Toga memiliki beragam manfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi sehingga dapat mewujudkan kawasan yang asri dan indah.

“Varietas Toga juga beragam dari seperti jahe merah dan putih, lengkuas, serai, dan beragam toga. Selanjutnya diharapkan setiap rumah dapat menanam toga serta mengolahnya secara mandiri, memanfaatkan dengan baik bantuan dari Pertamina,”ujar Harun Sekertaris Camat Balikpapan Utara.

“Mudah- mudahan bisa semakin ditingkatkan brand kampung toga untuk tempat edukasi  penanaman dan pengolahan toga. Kuncinya adalah konsisiten dengan yang telah dikembangkan, kita syukuri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.