Pertamina bekerja sama dengan Lembaga Enviro Strategic melakukan pelatihan budidaya larva BSF

Pertamina RU V Balikpapan Kembangkan Program Peternakan dan Pertanian Organik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina RU V Balikpapan kembangkan program peternakan dan pertanian organik melalui program Petratonik. Program ini dilakukan melalui integrasi pengembangan budidaya black soldier fly (BSF), ayam pedaging, dan tanaman holtikultura.

Region Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Kalimantan, Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa kunci pengembangan program adalah terus melakukan inovasi dan perbaikan. Dalam program ini, Pertamina bekerja sama dengan Lembaga Enviro Strategic melakukan pelatihan budidaya larva BSF.

“Pelatihan ini adalah salah satu upaya pengembangan pengetahuan kelompok agar dapat mengoptimalkan pemakaian Black Soldier Fly (BSF) sebagai campuran pakan ternak unggas” ujarnya.

Robert menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan. Pada pelatihan pertama, anggota kelompok dilatih dan diperkenalkan pada BSF.. BSF merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi sampah organik yang ada di masyarakat.

“Kegiatan pelatihan adalah budidaya BSF mulai dari peneluran, perkembangan di bak biopod, hingga lalat dewasa, pembuataan eggies, pengecekan pekembangan telur larva.” jelasnya.

. BSF mampu menjadi biokonversi sampah organik menjadi pupuk. Selain itu BSF dapat menjadi pakan ternak unggas karena memiliki kandungan protein yang cukup banyak.

“Tujuan utama pelatihan ini adalah agar kelompok mampu membudidayakan larva BSF yang nantinya digunakan sebagai pengurai sampah organik dan campuran pakan unggas ” katanya.

“Kalompok kami mendapatkan pengetahuan baru dari pelatihan-pelatihan yang diberikan Pertamina” ujar Ketua Kelompok Petratonik Dalle.

Dalam pelatihan kali ini, kelompok yang berada di Keluarahan Karangjoang ini mendapatkan bimbingan bagaimana membuat tepung maggot. Bahwa maggot kering disimpan di dalam wadah yang rapat dan dapat bertahan selama 6 bulan.

“Kami diajarin untuk bagaimana memanen maggotnya, mengolahnya hingga nanti mencampurnya dengan pakan unggas seperti bekatul dan jagung” katanya.

Baca juga ini :  Bagian Kegiatan RDMP, Pertamina Serahkan 5.000 Bibit Pohon ke Pemerintah Balikpapan Sekaligus Tanam Bersama

Dalle menyampaikan harapannya agar pelatihan-pelatihan BSF ini dapat terus dilakukan. “Saya berharap agar program pemberdayaan BSF dan peternakan ayam pedaging dapat memberikan keuntungan bagi setiap anggota kelompok” harapnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.