Intan dan Produk Fashionnya

UMKM Binaan Pertamina Pamerkan Produk Fashionnya dari Mall ke Mall

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  PT Pertamina (Persero) mendukung penuh pertumbuhan jumlah pengusaha kecil di Indonesia hingga bisa menjadi UMKM naik kelas. Melalui Program Kemitraan, para UMKM yang menjadi mitra binaan ini akan didampingi hingga menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri.

Sehingga dapat menginspirasi orang lain untuk ikut menjadi pengusaha yang dapat menyediakan pekerjaan bagi orang lain.

Langkah inilah yang sudah diterapkan oleh pasangan suami istri Djumantan S. dan Intan. Mitra binaan Pertamina pemilik usaha Intan Fashion ini sudah cukup lama bergelut dibidang wirausaha. Salah satu upaya mengenalkan produk fashionnya adalah dengan memasarkan di pusat perbelanjaan.

 “Sejak tahun 2007 sudah mulai buka gerai di mall dan pindah-pindah antar mall di Balikpapan,” tuturnya.

Saat ini, Intan Fashion telah memiliki gerai di Balikpapan Trade Center (BTC). Dengan bantuan dari Pertamina, etalase toko fashion yang dimilikinya itu semakin terlihat ramai dan lengkap. Mulai dari koleksi baju sehari-hari, baju formal, hingga beragam baju motif batik khas Balikpapan juga bisa ditemui pada gerainya.

Cara itu pun dinilai berhasil untuk dapat mengenalkan produknya secara cepat ke masyarakat. Sehingga usahanya pun mampu terus berkembang baik dari segi omzet maupun kapasitas produksi. Apalagi setelah memutuskan menjadi binaan Pertamina pada 2020 lalu, Intan mengakui banyak perkembangan positif pada usahanya.

“Alhamdulillah, bantuan dari Pertamina sangat bermanfaat untuk meningkatkan modal usaha dan kenaikan omzet. Sebelum menjadi binaan, omzet saya perbulan sekitar Rp25 juta. Saat ini meningkat hingga Rp35 juta per bulannya” jelas Mantan Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Balikpapan itu

Selain omzet, perkembangan bisnisnya juga terlihat pada jumlah produksi yang semakin meningkat. Semula, kapasitas produksi fashionnya hanya berkisar antara 100 hingga 150 potong per bulan. Kini dibawah binaan Pertamina, kapasitas produksinya meningkat hingga 5 kali lipat menjadi 500 potong tiap bulannya.

Baca juga ini :  Rizal Effendi Klarifikasi Pernyataan Gubernur Kaltim dari Tanah Suci

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan, Pertamina akan mendukung penuh usaha seperti yang dijalani oleh Intan. Menurutnya, motivasi dan semangat yang dimiliki Intan harus ditiru oleh para orang-orang yang ingin memulai usaha.

“Setelah memiliki usaha sendiri, bisa menjadi mitra binaan Pertamina dan nantinya akan dibina hingga jadi UMK naik kelas,” ujarnya.

Menurut Agus, melalui Program Kemitraan ini, Pertamina ingin dapat senantiasa menghadirkan energi yang menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Selain itu juga sebagai implementasi SDGs tujuan ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain SDGs, Pertamina juga berupaya menjalankan ESG dibidang sosial. ESG atau Environmental, Social & Governance (ESG) Management, merupakan langkah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yang berfokus pada keberlanjutan bisnis secara jangka panjang.

Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.