Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud menerima kunjungan kerja Bupati Polman bersama jajaran, Senin (30/5/2022).

Bupati Polman Tawarkan Kerjasama Hasil Bumi dan Wisata ke Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Berangkat dari produksi pangan yang berlimpah dan wisata yang ada di kabupaten Poliwali Mandar (Polman), bupati Polman menawarkan kerjasama dengan pemerintah kota Balikpapan.

Hal ini disampaikan Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar saat kunjungan kerja yang diterima Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud di aula pemkot, Senin (30/5/2022).

Bupati memaparkan bahwa di wilayah memiliki 24 ribu hektare persawahan yang jumlahnya justru makin bertambah. Akibatnya terjadi surplus beras.

Andi Ibrahim Masdar bahkan menyebut beras dikonsumsi masyarakat Maluku, bahkan ASN pemkot Makassar.

” Kita kelebihan beras, maluku, ada juga permintaan dari medan, Jakarta, bahkan Pemkot makassar ASNnya makan beras dari Mandar Padahal ada kabupaten Pinrang dan Sidrap yang memiliki banyak beras, ” tuturnya membuka pembicaraan bersama pemkot Balikpapan.

Upaya ini katanya untuk membantu memfasilitasi hasil bumi Polman guna kesejahteraan petani.

” Masa sih kita sekampung tidak beli beras dari daerah kawan sendiri. Kami datang pingin menawarkan mulai daging sapi, ayam, telur, beras. Apalagi yang tidak ada disini kami siap, ” katanya.

Disamping itu Polman juga memiliki Pelabuhan Silopo sebentar lagi yang membuka hubungan langsung dengan Sabah, Malaysia.

“Disini ada pelabuhan dari tanjung Silopo direk Sabah Malaysia. Mereka mau beli bukan beras saja tapi semen tonasa, ” ungkapnya.

Untuk Jalur Tanjung Silopo – Balikpapan dibutuhkan waktu tempuh melalui laut selama 1 hari.
“Disini kan banyak juga perantau. Kalau dari Tanjung Silopo 1 malam. Kalau bisa dapatkan amal lebih banyak lagi bisa bantu masyarakat poliwali mandar untuk bantu beli banyak barang kita, ” ujarnya.

” Kami Berharap disini Wali kota jajarannya apa yang bisa dilakukan untuk bantu masyarakat di sana barang yang ditanamkan bisa dipasarkan, ” lanjutnya.

Baca juga ini :  HUT Kota ke 122, Mulai Dari Pecahkan Rekor MURI Hingga Souvenir Cantik

Disamping hasil bumi, Polman juga tidak kalah memiliki wisata seperti diantaranya pantai Pelipis, Mampir, Rawa Bangun, Air Terjun Limbong Kamandang, Pulau Gusung Toraja, Air Terjun Indo Ranuang.

“Di Polman banyak tempat wisata
Ini semua peluang yang harus didapatkan untuk kesejahteraan masyarakat di polman, ” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Polman menyebutkan bahwa di Polman banyak orang miskin karena sebagian besar warga Sulbar tinggal di Kabupaten Polman tapi pengusaha juga banyak di Polman.

Diakhir pertemuan dilakukan penandatanganan kerjasama dua daerah Polman dan Kota Balikpapan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.