Noor Thoha

Cegah Petugas KPPS Tumbang, KPU Gandeng DKK Balikpapan Cek Kesehatan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Untuk mencegah adanya petugas KPPS yang tumbang pada saat pemilu serentak Februari mendatang, KPU Kota Balikpapan telah berkoordinasi dengan OPD agar memastikan kesehatan para petugas.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menuturkan bahwa lembaganya telah merekrut 14 ribu anggota KPPS, yang akan terlibat dalam proses Pemilu 2024 yang berlangsung pada Februari. Semua anggota tersebut akan diturunkan untuk bisa menyukseskan perhelatan politik di Balikpapan. 

“Kami telah merekrut anggota KPPS 14 ribu sekian dan 4 ribu anggota perlindungan masyarakat (linmas), jadi totalnya sebanyak 18 ribu,” ujar Thoha di Kantor KPU Balikpapan.

Dalam melihat problem Pemilu 2019 di masa lalu, kata Thoha, sesungguhnya bukan menjadi kebijakan KPU Balikpapan saja, akan tetapi sudah menjadi kebijakan secara nasional. 

“Jadi, antisipasi keselamatan bagi anggota KPPS akan menjadi perhatian khusus. Sebab, dalam melakukan rekrutmen KPPS di Balikpapan kesehatan bagi anggota menjadi yang utama,” akunya.

Dia juga mengatakan bahwa dalam proses penerimaan sejak awal, pihaknya telah melakukan pemeriksaan yaitu kesehatan. Tentunya tidak terkena tiga komorbid yaitu tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan diabetes. 

“Di sisi lain umur maksimal 55 tahun, tapi kita usahakan yang masih muda umur 17-30 tahun. Selama masih ada pasti kita usahakan,” jelasnya.

Guna mengantisipasi beban kerja yang banyak bagi anggota KPPS saat Pemilu 2024 berlangsung, Thoha memastikan untuk anggota KPPS dapat melek terhadap teknologi. 

“Tujuan kita, melek terhadap teknologi untuk mengurangi beban kerja teman-teman pada saat pemilu berlangsung,” ucapnya.

Lanjut dia, akan lebih praktis untuk melakukan suatu pekerjaan. Kemudian untuk tenaga yang dibutuhkan pasti tidak akan menguras energi yang lebih banyak. 

“Ketika proses pemilu berlangsung, semua anggota bisa langsung foto hasilnya untuk dibuat salinan,” ungkapnya.

Baca juga ini :  Perkuat Sinergi dan Komunikasi, Angkasa Pura I Gelar Media Gatheting

Thoha memastikan untuk Pemilu 2024, akan dapat berjalan baik dan lancar. “Insyaallah, semuanya fit kami sudah simulasikan di Balikpapan Barat. Alhamdulillah dari pagi sampai  jam 1 siang selesai. Ya semoga saja apa yang sudah kami simulasikan seperti itu, asalkan tenaga yang kami rekrut ini memiliki tenaga yang secara fisik kuat,” tuturnya.

Selain itu, KPU Balikpapan telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan selama proses pemilu berlangsung.

 “Kerja sama ini sudah kita lakukan sejak open rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan KPPS.  Semua peserta digratiskan untuk tes kesehatan,” katanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.