Pesona Teluk Seribu Balikpapan yang penuh warna-warni.(foto: www.disporabudpar-bpn.com)

Di Masa Pandemi PAD Sektor Pariwisata Balikpapan Capai 141 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Di masa pandemi covid-19 pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata justru bisa melebihi target. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Dortje Marpaung.

Namun Doortje mengatakan, ada perubahan target PAD sektor pariwisata akibat pandemi covid-19. Dimana setelah dilakukn recofusing anggaran dari awalnya target PAD mencapai Rp 4 miliar kemudian direvisi hanya sebesar Rp 1,7 miliar atau mencapai 140 persen.

“Jadi kita mencapai 141 persen PAD-nya dari target semua Rp 4 miliar kemudian direvisi menjadi Rp 1,7 miliar setelah dilakukan refocusing anggaran,” ujarnnya.

Sementara untuk tahun 2021 berbagai inovasi akan dilakukan untuk mencapai target mencapai Rp 4 miliar. Para pelaku pariwisata diminta untuk membuat terobosan diantaranya dengan memanfaatkan tekhnologoi digital untuk meningkatkan pendapatan.

“Tahun depan targetnya dibuat normal sementara kondisi masih pandemi tentu harus ada usaha kreatif bagi pelaku bisnis dari sektor pariwisata,” ujarnya.

Disamping itu sektor pariwisata juga tetap memperhatikan clean, health, safety & environment (CHSE)) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan. “Kami tetap pakai CHSE supaya pelanggan merasa enjoy dalam safety dan clean-nya,” ujarnya

“Apalagi di tengah kondisi pandemi yang mewajibkan seluruh sektor melaksanakan protokol kesehatan secara ketat jika ingin banyak pengunjung. Karena memang kita tidak tahu kapan sampai pandemi ini berakhir,”

Kata dia, kunjungan ke akan meningkat jika pelaku pariwisata diantaranya hotel maupun bisa memberikan kenyamanan.  “Kami yakin bahwa tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Balikpapan itu dapat kembali meningkat jika mereka nyaman,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Seru-seruan Bareng WR 155 R Sambil Asah Skill Riding Offroad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.