Dirjen Minta Sekolah Dasar Terapkan Pendidikan Karakter

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Direktur Jenderal Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad minta pendidikan karakter menjadi utama dalam hal mendidik sekolah dasar. Hal itu disampaikan pembukaan acara Pembukaan Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke 3 tahun 2016, di kota Balikpapan, Rabu (12/10).

Menurutnya, pendidikan karakter itu tidak sekedar diajarkan namun dibiasakan dalam berperilaku seperti memberikan contoh kepada siswanya. ” Apabila kita berhasil menanamkan pendidikan karakter maka dampaknya akan sangat luar biasa bagi bangsa ini, dan sangat positif bagi generasi ke depan,” jelasnya, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan.

Hamid juga mendorong kepada pengajar agar memberikan literasi yang tuntas saat jenjang pendidikan dasar, dan menggali potensi siswa agar mereka yakni siswa memiliki potensi yang bisa berkembang ke depannya.

“Potensi masing-masing siswa berbeda ada yang suka utak-atik karena kreatif, ada yang suka olahraga, ada yang suka menyanyi dan apapun itu harus digali. Dan ajak anak untuk menyukai membaca,” imbuhnya.

Sementara itu, sekitar 125 sekolah dari 34 Provinsi di Indonesia ambil bagian dalam Lomba Budaya Mutu (LBM) Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional ke 3 tahun 2016.

Lomba budaya Mutu ini rencananya digelar selama tiga hari mendatang di Balikpapan. Perlombaan ini juga bagian dari membangun pendidikan berkarakter yang diselenggarakan Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Dalam penilaian LBM ini,  nantinya ada manajemen kegiatan Ekstrakurikuler, Manajemen Berbasis Sekolah, Manajemen Perpustakaan dan Manajemen UKS bagi sekolah.

Hamid mengharapkan kegiatan ini pastinya akan banyak positifnya karena sekolah juga belajar,  baik itu dari guru pengajar dapat memberikan mutu yang berkualitas. Karena SD adalah wadah persemaian dalam pendidikan karakter.

Comments

comments

Baca juga ini :  Buat yang Hobi Gowes, Yamaha Kaltim Gelar Virtual Bike Ride The Pride

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.