Pedagang Sembako di Pasar Pandansari

Faktor Cuaca Lambungkan Harga Pangan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kondisi cuaca yang berapa pekan di Balikpapan ini tidak menentu,  kadang pagi cerah sore sudah berubah hujan dengan intensitas tinggi. Meski begitu Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan memastikan stok pangan pertanian aman di tengah cuaca penghujan.

Kepala DP3 Balikpapan, Heria Prisni mengatakan, saat ini pangan lokal sedang dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak mendukung, baik komoditas yang ditanam di Balikpapan maupun yang berasal dari kiriman luar daerah, sehingga terjadi lonjakan harga.

“Khususnya komoditi-komoditi tertentu yang berasal kiriman dari luar daerah yang kurang dan juga panen di sini yang agak terpengaruh seperti cabai,” ujar Heria Prisni kepada awak media, Kamis (14/01/2021).

Heria menambahkan, harga komoditas cabai sangat terpengaruh dengan cuaca penghujan. Bukan hanya keadaan yang basah sehingga menyebabkan sejumlah cabai menjadi busuk, juga diakibatkan kurangnya pasokan dari luar yang juga mengalami cuaca serupa.

“Dengan keadaan begini jadi akhirnya produksinya yang turun,” aku Heria.

Menurut Heria, harga yang sedikit terganggu juga disebabkan oleh petani yang turut menyesuaikan harga jual akibat kondisi cuaca ini. Dimana, produksi yang tadinya mencapai 20 ton dalam satu hektar, sekarang hanya tersisa separuhnya

“Untuk tanaman cabai ada 17 Ha luas tanam, dengan kondisi musim penghujan ada penurunan biasa 85 ton sekarang hanya 50 ton untuk lahan yang sama, selain itu karena musim hujan membuat penyerbukan dan bunga cabe rontok sehingga produktivitasnya menurun,” tutupnya.

Baca juga ini :  Harga Gula Pasir Kemasan Capai Rp19 ribu, Rizal Minta Jumlah Pembelian Dibatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.