Saat menggelar sosialisasi Belanja Bijak dan Cinta Rupiah dikawasan Perumahan Taman Bukit Sari, Kelurahan Graha Indah.

Gerakan Wanita Matilda Balikpapan Gencar Edukasi Inflasi dan Cinta Rupiah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gerakan Wanita Matilda (Mandiri Terampil Berdaya) yang dibentuk Bank Indonesia Balikpapan bersama Tim Penggerak PKK menargetkan hingga akhir tahun mengedukasi cinta rupiah maupun mengenai inflasi dan cinta rupiah di 20 Kelurahan.

“Akhir-akhir ini kami melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan untuk mengedukasi mengenai kebanksentralan, cara mengelola pendapatan keluarga dan bagaimana mengenai keaslian rupiah,” ujar Tim Penggerak PKK Balikpapan Arita Rizal Effendi.

“Nantinya tujuan akhirnya adalah secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap permintaan barang di pasar dan berperan dalam pengendalian inflasi,” ujarnya.

Minggu (15/9/), mereka menggelar sosialisasi Belanja Bijak dan Cinta Rupiah dikawasan Perumahan Taman Bukit Sari, Kelurahan Graha Indah. Target mereka tahun depan seluruh kelurahan di Balikpapan sudah paham tentang inflasi ataupun pengelolaan keuangan keluarga.

Khususnya dapat meningkatkan literasi terhadap pengelolaan keuangan keluarga dan dapat mendorong para perempuan untuk melakukan perencanaan yang baik termasuk menentukan pengeluaran belanja agar tidak berlebihan.

Dalam kegiatan wanita matilda ini berbagai pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah di kawasan RT 24 dan 25 Kelurahan Graha Indah juga membuka bazar. Bahkan juga disediakan mobil kas keliling oleh Bank Indonesia, untuk warga yang ingin menukarkan uangnya dari uang pecahan besar ke kecil dan penukaran uang lusuh.

Selain itu, Gerakan Wanita Matilda juga melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan bantuan Dinas Lingkungan Hidup di kawasan sekitar perumahan. Penanaman dilakukan Camat Balikpapan Utara, Fahrul Roji, Lurah Graha Indah dan Ketua TP PKK Balikpapan.

Comments

comments

Baca juga ini :  DKK Gelar Survey Kesehatan Keluarga Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.