Gubernur Kaltim Resmi Buka Pro POPNAS, Pertandingan Digelar di Samarinda

BALIKPAPAN, Inibalikpapapan.com – Sebelum dimulainya puncak Peringatan Haornas d stadion Batakan, dilakukan pembukaan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra POPNAS) wilayah 4, tepat pukul 17.00 WITA.

Dihadapan ribuan penonton yang penuhi pelajar dan warga Balikpapan sekitarnya, diperkenalkan tim Pra POPNAS dari 7 provinsi yakni Jatim, disusul Sulbar, Sultra, Sulsel, NTB, Kaltim dan NTT serta wasit.

Penonton yang hadir di stadion Batakan sejak pukul 15.00 sudah memenuhi stadion Batakan

Kadis Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur menyampaikan pra POPNAS Digelar mulai 9-16 September dan kegiatan dilaksanakan di komplek Sempaja Samarinda.

” Pra POPNAS zona 4 di diikuti 7 provinsi yakni Kaltim, Sulbar, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, NTB dan NTT serta Sultra sebanyak 709 atlet,” katanya saat sambutan pembukaan Pra POPNAS.

Delapan cabor yang dipertandingkan yakni Basket, Voli, Badminton, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis lapangan.

“Diharapkan melahirkan atlet muda dan menumbuhkan semangat olahraga dan tercipta atlet berprestasi untuk mengharumkan bangsa negara dikancah internasional,” harapnya.

Pada pembukaan Pro POPNAS oleh Gubernur Kaltim didampingi Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta dengan menekan tombol sirene.

Isran berharap Pra POPNAS dapat berjalan lancar dengan pusat kegiatan di Samarinda. ” Kita masuk zona 4 bersama Sulsel, Sulbar, NTT, NTB, Sultra dan Jawa Timur. Selamat bertanding semoga sampai selesai berjalan lancar,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga dibacakan janji atlet dan wasit dihadapan peserta dan penonton.

Di pintu masuk, penonton yang mayoritas pelajar berjubel. Sesekali mereka harus rela pindah antrian ke pintu lain karena sudah penuh.

Pengaman sangat ketat setiap penonton wajib dilakukan pemeriksaan oleh aparat Paspampres. Mereka ada yang datang sejak pukul 15.00 WITA. Sedangkan peliputan media diarahkan masuk dari VIP dan ditempatkan didi tribun Barat dan tribun khusus wartawan namun wajib mengenakan Id Media dari panitia.

Baca juga ini :  Ini 9 Program Prioritas Pasangan RM -TA

Sementara penonton yang masuk ke stadion Batakan diarahkan di tribun Barat, Utara dan sebagian kecil tribun Selatan. Tribun Selatan banyak diisi atlet dari Pra POPNAS. Sedangkan tribun timur ditutup karena panggung acara membelakanginya.

Pukul 17.30 WITA, pintu Utara tribun bagian atas dibuka dengan pengaturan pengamanan dari aparat.

Begitu pula pintu tribun selatan bagian atas juga mulai dibuka pukul 18.00 WITA.

Setelah dibuka pra POPNAS, akan dilanjutkan kegiatan Puncak Peringatan Haornas. Rencananya dihadiri Wapres Ma’ruf Amin pada pukul 19.00 WITA. Informasi yang beredar wapres terbang dari Jakarta pukul 16.00 WIB menuju Balikpapan.

Kegiatan diisi dengan atraksi bela diri anak usia dini dan anak-anak pelajar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.