Walikota bersama muspida dan TPID Balikpapan tinjau pasar Klandasan beberapa waktu lalu

Harga Bawang dan Daging Ayam di Kaltim Telah Naik dalam Sepekan Terakhir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menjelang Ramadhan, harga di sejumlah pasar tradisional Kota Balikpapan mulai merangkak naik. Bahkan untuk bawang merah dan bawang putih sudah mengalami kenaikkan dalam sepekan terakhir.

Harga bawang merah kini telah tembus Rp45 ribu per kilogram dan bawang putih Rp55 ribu per kilogramnya. Harga daging ayam potong juga mengalami kenaikan karena jumlah permintaan yang terus meningkat belakangan.

“Sudah naik selama sepekan lalu, mau puasa dan dari sananya memang sudah naik,” kata Indah, salah satu Pedagang Pasar Tradisional Kilometer 4 Buton Balikpapan, Kamis (02/05).

Menurutnya, Imbas dari kenaikkan tersebut, warga kini hanya membeli rata-rata hanya menyesuaikan dengan kebutuhan, membeli seperempat ataupun setelah kilogram saja. Karenanya dia, berharap, harga bisa kembali normal.

“Ya namanya untuk masak, mau tidak mau pembeli beli saja. Memang belinya tidak perkilo tapi seperempat atau setengah kilogram. Disesuaikan sama kebutuhannya,” ujarnya.

Ibu rumah tangga Elis mengatakan, kenaikkan harga sejumlah komoditas di pasar tradisional telah terjadi dalam sepekan terakhir. Bukan hanya bawang merah dan bawang putih, maupun daging ayam yang kini mencapai Rp 40 ribu per ekor.

“Mulai naik kami rasakan itu sudah sepekan lebih, seperti bawang merah dan putih. Bahkan ini jagung dua biji saja Rp9000,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Israan Noor saat memantau Pasar Segiri Samarinda memastikan stok aman. Namun dia mengakui, sudah mulai terlihat kenaikkan sejumlah komoditas, namun masih dalam tahap yang wajar.

“Memang ada beberapa komoditi mengalami pergerakan. Untuk stok aman, hanya pengaruh psikologis terutama jelang ramadhan dan hari besar keagamaan lainnya,” ujarnya.

Di Samarinda yang juga mengalami kenaikkan, harga daging ayam potong yang masih hidup dipatok Rp24 ribu per kg. Namun pedagang lebih suka menjual ayam potong sudah kosongan dengan harga Rp48 – Rp53 ribu per ekor.

Baca juga ini :  Striker Liga 1 Segera Merapat ke Persiba

Sedangkan untuk harga bawang putih rata-rata Rp 45 ribu per kilogram dan Rp 60 ribu per kilogram yang sudah kupas. Untuk harga bawang merah juga tembus Rp38 ribu per kilogram dan bawang merah yang sudah di kupas Rp 40 ribu per kilogram

.

“Walaupun fluktuatif. Tapi masih terkendali. Silahkan cari untung. Tapi saya minta pedagang jangan terlalu besar lah ya untungnya. Monitoring harga terus dilakukan. Itu dilakukan untuk menjaga inflasi tetap terjaga,” ujarnya.

Ini pencarian Populer:Harga bawang merah di Balikpapan Hari ini

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.