Presiden Jokowi di Titik Nol Ibu Kota NUsantara (IKN)

IKN Padukan Konsep Forest city, Sponge city dan Smart city, Ubah Indonesia di Mata Dunia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) tidak hanya memberikan dampak positif bagi berbagai sektor terutama pada sektor Ekonomi. Tapi juga mengubah wajah Indonesia dimata dunia.

Direktur Utama PT Amarta Karya (Persero) Nikolas Agung SR mengatakan megaproyek IKN Nusantara ini akan mengubah wajah Indonesia di mata dunia. Karena pembangunan Kawasan IKN tersebut akan memadukan tiga konsep perkotaan yakni sebagai kota hutan atau forest city, kota spons atau sponge city, dan kota cerdas atau smart city.

“Seperti diketahui bahwa sudah banyak negara di dunia sudah menerapkan tiga konsep tersebut. Inilah saatnya Indonesia agar tampil lebih bagus di mata dunia internasional,” kata Nikolas.

Menurutnya perpindahan Ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan mampu berdampak pada pemerataan pembagunan Indonesia dan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.

“Kita tahu bahwa pembangunan maupun perputaran ekonomi terpusat lebih banyak di pulau jawa, khususnya di Jakarta,” kata Nikolas.

Nikolas juga meyakini bahwa percepatan pembangunan IKN Nusantara membuat masyarakat antusias dalam berlomba-lomba untuk sama-sama mendukung pembangunan IKN Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

“Saya meyakini masyarakat setempat berusaha keras untuk meningkatkan kapabilitas, kemampuan dan keahliannya sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif bersama-sama dengan masyarakat lainnya datang dari seluruh penjuru Indonesia maupun dunia untuk mendukung berdirinya IKN di provinsi Kaltim,” ujar Nikolas.

Terpisah, Pengamat Ekonomi Sigmaphi Indonesia, Hardy R Hermawan mengatakan, proyek IKN ini akan memberikan dampak bagi pemerataan pembangunan Indonesia.

“Pembangunan IKN akan berdampak pada pemerataan pembangunan di Indonesia,” ungkapnya belum lama ini.

Selain itu menurutnya, megaproyek IKN ini akan mampu mengurangi beban Kota Jakarta terutama daya dukung lingkungannya yang terbebani dengan sangat masif. Untuk itu, dengan pemindahan Ibu Kota, Kota Jakarta mampu untuk memulihkan kawasan lingkungannya.

Baca juga ini :  Kepolisian Bakal Buka Hotline Tunggal untuk Pengaduan Masyarakat

“Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk Jakarta dalam memperbaiki kawasan disana,” tambah Hardy.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.