Warga Balikpapan saat mencoblos

Jumlah Pemilih dan TPS Pileg dan Pilpres Balikpapan Bertambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jumlah pemilih maupun jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan legeslatif (pileg), DPD maupun pemilihan presiden 2019 bertambah.

“Jadi hasil pleno kita untuk data pemilih tapi sifatnya masih sementara (DPS) ada perubahan dratis, begitu juga dengan TPS, dari saat pemilihan gubernur,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha.

Menurutnya, untuk DPS mengalami peningkatan sekitar 10 ribu pemilih dari sebelumnya sekitar 415 ribu pemilih menjadi 425 ribu pemilih. Kenaikkan itu karena ada penambahan pemilih.

“Jadi data awalnya itu dari DPT Pilgub. Nah kita umumkan ke masyarakat dapat tanggapan kemudian ditambah dari pemilih pemula, ditambah pemilih yang kemarin menggunakan KTP , kita gabung kita plenokan,” ujarnya.

Sedangkan jumlah TPS kata Toha, juga mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya 1.263 TPS pada saat pemilihan gubernur kini menjadi 2.050 TPS atau meningkat sekitar 900-an TPS.

“Jadi untuk TPS, itu paling banyak 800 pemilih sekarang berubah satu TPS maksimal 300 pemilih, jadi yang tadinya 1.363 TPS pada pemilihan gubernur sekarang menjadi 2.050 TPS,” ujarnya.

Toha mengungkapkan, kemungkinan untuk jumlah pemilih bisa saja berubah sebelum di tetapkan . Karenanya KPU mempersilahkan masyarakat untuk melaporkan jika ada yang belum masuk daftar pemilih.

“Selama belum jadi DPT silahkan kalau ada masyarakat yang memberikan masukkan, ada pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam daftar pemilih maka boleh ada perubahan daftarkan,” ujarnya

“Kalau tidak ada perubahan akan seperti ini (jumlah pemilih). Mudah-mudahan ada sehingga nanti betul-betul dinamika itu berjalan, kontrolnya masyarakat juga berjalan, karena DPT akan ditetapkan l 15 Agustus 2018.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Pemerintah Klaim PPKM Mikro Turunkan Angka Kasus Mingguan Covid-19

KUKAR, Inibalikpapan.com – Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang diterapkan di tujuh provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.