Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Selvia Rahmadina

Kecamatan Balikpapan Selatan Susun Dokumen Penanganan Bencana

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kecamatan Balikpapan Selatan kini tengah menyusun dokumen penanganan bencana sebagai bentuk kesiap-sigaan menghadapi bencana.

“Kegiatan ini murni inisiatif dari kecamatan, jadi itu yang menjadi positif,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Selvia Rahmadina, Selasa (22/11/2022).

Selvia Rahmadina mengatakan, bencana tidak bisa dihindari tapi bagaimana masyarakat melakukan mitigasi atau ada gerakan di masyarakat untuk bersama-sama melakukan mitigasi.

“Sekarang dibuat dokumen penanggulangan bencananya, jadi jika terjadi bencana kemana mereka harus berlari, titik kumpulnya dimana, kemudian bagaimana mereka bisa membantu tetangga,” ujarnya

“Misalnya evakuasi, penanganan pasca bencana dan lain sebagainya. Itu merupakan sebuah aktifitas siklus yang harus dijalani juga oleh kita semua termasuk forum penguran risiko bencana,”

Dia menambahkan, selama ini di Kota Balikpapan ada tiga potensi bencana atau rawan terjadi yakni tanah longsor karena wilayahnya berbukit-bukit, kemudian banjir dan kebakaran.

“Kita sama-sama membentuk tim tangguhnya di daerah. Insya Allah kalau bencana datang kita bisa menekan kerugiannya, karena yang bisa kita lakukan kesiapsiagaan itu,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  RUU tentang Lima Provinsi Disepakati, akan Segera Dibahas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.