Komisi VIII DPRD RI saat meninjau Asrama Haji Batakan Balikpapan

Komisi VIII DPR Tinjau Asrama Haji Batakan, Ini yang Dilakukan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI meninjau Asrama Haji Batakan Balikpapan, Rabu (26/08). Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung penyelenggaran haji maupun penggunaan fasilitas haji tersebut

“Ini bagian dari memastikan pelayanan  Kementerian Agama dalam hal rangka penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Embarkasi Batakan Balikpapan,” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily kepada awak media.

Dia mengungkapkan, dari laporan yang diterima Asrama Haji Balikpapan digunakan untuk isolasi pasien positif covid-19 dengan gejala ringan. Mereka pun menyambut positif dimanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat

“Kita tahu tahun ini digunakan Pemerintah Kota Balikpapan untuk menjadi tempat isolasi covid-19. Saya kira ini sangat penting dilakukan oleh Kementerian Agama yang mewakafkan katakanlah begitu untuk penanganan covid-19,”

“Tentu ini menunjukkan komitmen bahwa semua komponen masyarakat, pemerintahan bersatu padu untuk melawan covid-19 termasuk juga Asrama Haji Balikpapan,”

Selain itu, para wakil rakyat tersebut ingin mengetahui pelayanan haji ditengah pandemi covid-19 dan laporan yang diterima, manasik haji tetap berjalan meskipun melalui daring. Mereka pun menyambut positif proses manasik yang dilakukan.

“Yang kedua selain keterlibatan penanganan covid-19 yang dilakukan oleh Asrama Haji kami juga ingin mengetahui tentang sejauhmana pelayanan terhadap calon jamaah haji di daerah,” ujarnya

“Ternyata memang kami mendapatkan laporan dari Kepala Bidang Haji peminaan manasik haji terus dilakukan melalui proses daring,”

Mereka pun mengapresiasi  langkah tersebut, karena para calon jamaah haji tetap mendapatkan pembinaan manasik haji. Meskipun tahun ini Pemerintah Arab Saudi membatasi pelaksanaan ibadah haji akibat covid-19.

“Ini sebetulnya langkah yang sangat baik yang patut di apresiasi agar calon jamaah haji tetap mendapatkan kesempatan diberikan pembinaan manasik haji,” ujarnya

“Sehingga nanti kemampuan dan pengetahun mereka didalam melaksanakan ibadah haji dapat dilakukan dengan cara yang baik,”

Disamping itu lanjut dia, pihaknya juga ingin memastikan revitaslisasi Asrama Haji yang dilakukan Kementerian Agama, apakah sudah sesuai standar yang diharapkan. Karena mereka mengiginkan minimal berstandar hotel.

“Kami ingin memastikan berbagai kebijakkan yang dilakukan Kementerian Agama dalam hal merevitalisasi asrama haji termasuk didalamnya adalah asrama haji di Balikpapan ini apakah memang secara kualitas sudah sesuai yang kami harapkan,” ujarnya

“Semua gedung atau asrama haji diberikan melalui sumber-sumber APBNkami ingin  emastikan apakah dipergunakan secara maksimal dan bagaimana proses pemeliharaannya dan penanganannya.”

Comments

comments

About glen

Check Also

KPK Melihat Potensi Pajak Sarang Burung Walet di Kaltim Rp 300 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Salah satu pajak yang sampai saat ini belum terlalu dioptimalkan oleh Pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.