KPU Balikpapan Persiapan Rekrutmen KPPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU Kota Balikpapan memastikan persiapan untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legeslatif (pileg) yang akan berlangsung pada 17 April 2019 sudah hampir rampung.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha mengungkapkan, ada tiga hal menyangkut persiapan KPU dalam menyiapkan pemilu yakni menyangkut sumber daya manusia (SDM), anggaran maupun logistic.

“Jadi persiapan KPU itu ada tiga hal, yang pertama adalah SDM meliputi PPS, PPK, apakah sudah terbentuk atau belum. Nah sekarang sudah terbentuk semua,” ujarny.

“Tinggal sekarang persiapan rekrutmen KPPS kalau itu sudah clear berarti SDM tidak ada masalah,”

Sementara untuk anggaran, KPU Kota Balikpapan tidak khawatir, karena semua dialokasikan melalui APBN. Justru logistik yang memang hingga kini belum rampung khususnya surat suara yang paling vital.

“Yang kedua sisi keuangan, kalau sisi keuangan tidak ada masalah karena dialokasikan dalam APBN. Terus ketiga ada;ah logistic

“Logistik sampai dengan saat ini sudah kurang lebih 80 persen lah. Karena memang yang nanti vital surat suara,”

Kata dia, untuk surat suara hanya tinggal menunggu distribusi dari KPU Pusat. Hanya saja yang masih kurang yakni kotak suara sekitar 100-an. Namun, Toha tak khawatir karena akan menunggukan kotak suara yang lama.

“Surat suara ini kan dalam proses di droping dari KPU RI tapi yang pengadaan disini dan di provinsi semua tidak ada masalah. Mulai bilik suara, kertas suara, formulir amplop semua tidak ada masalah,” ujarnya..

“Kekuarangan kotak suara, ada tapi itu tidak banyak seratusan. Kalau untuk tingkat KPPS di TPS itu sebenarnya sudah mencukupi tinggal nanti plono di PPK kan perlu kotak, pleno di KPU perlu kotak. Dalam kondisi darurat kan kita kotak lama masih banyak bisa digunakan.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.