secara rutin sekolah-sekolah di Muara Kaman melakukan program membaca senyap selama 15 menit untuk mendekatkan buku pada siswa

Pemerintah Persilahkan Sekolah Tatap Muka Mulai Sekarang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah mempersilahkan sekolah tatap muka dimulai saat ini dan tidak harus menunggu tahun ajaran baru . Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Bahkan Nadiem menyebut pada Juli 2021 yang ditargetkan seluruh sekolah sudah harus gelar tatap muka namun dengan protokol kesehatan yang ketat seiring dengan target selesai vaksinasi guru dan tenaga pendidik pada akhir Juni 2021.

“Ini tidak (harus) diterapkan Juli 2021, itu harus saya koreksi, diterapkan mulai sekarang, targetnya selesai (vaksinasi) semua sekolah sudah bisa tatap muka di bulan Juli ini untuk tahun ajaran baru, jadi jangan salah persepsi,” kata Nadiem dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Oleh sebab itu, dia meminta seluruh pemerintah daerah untuk segera mempersiapkan fasilitas pembelajaran tatap muka di sekolahdengan  berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah, pihak sekolah, dan orang tua murid.

Sejumlah pedoman pembukaan sekolah di masa pandemi juga sudah dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang harus jadi acuan pemerintah daerah.

“Semua sekolah yang sudah guru-gurunya divaksin untuk segera memenuhi ceklis dan langsung menawarkan opsi tatap muka, yang tidak boleh dipaksa itu orang tuanya, orang tua masih bebas anaknya mau ikut tatap muka atau tidak, itu haknya masing-masing orang tua,” ujarnya

Kata dia, kondisi saat ini sangat berbahaya bagi masa depan anak jika sekolah tetap ditutup sepenuhnya, akan terjadi kehilangan pembelajaran (learning lost), mengganggu kesehatan mental anak hingga kekerasan dalam rumah tangga.

Diketahui, keputusan pembelajaran tatap muka di sekolah sudah diserahkan kepada kepala daerah sejak Januari 2021 lalu dengan berbagai protokol kesehatan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang sekolah tatap muka 2021.

Baca juga ini :  Persiapan Gelar Sekolah Tatap Muka, Pemkot Bantu 75 Wastafel untuk Sekolah

Pembelajaran tatap muka di sekolah tetap hanya diperbolehkan untuk sekolah yang telah memenuhi daftar periksa yakni ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer, dan desinfektan.

Sumber : suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.