Perpres Deliniasi IKN Baru Segera Diterbitkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Bappenas Rudy S. Prawiradinata mengatakan pemindahan IBu Kota Negara (IKN) tahap pertama telah berjalan dan akan dirampungkan pada akhir tahun 2019. Saat ini pihaknya telah menyelesaikan kajian dan tengah menyusun deliniasi atau batas wilayah yang menjadi lokasi IKN.

Deliniasi atau batas wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru, kata Rudy akan ditetapkan dalam waktu dekat dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Batas wilayah yang dimaksud adalah sesuai rekomendasi dari lima Menteri di era kepemimpinan Jokowi periode pertama.

Dengan terbitnya Perpres IKN baru, akan menjadi dasar pemindahan IKN dan memperkuat regulasi pemerintah untuk merancang Undang-undang Ibu Kota Negara pada tahap selanjutnya.

“Saya ga hafal nama-namanya yang ditetapkan IKN, tetapi ada satu Kawasan Hutan Tanaman Industri di Penajam Paser Utara yang kemungkinan jadi lokasi inti ibu kota,” ujar Rudy dalam kegiatan FGD Tantangan dan Peluang Ibu Kota Negara di Novotel Balikpapan pada Kamis (31/10/2019).

Rudy mengaku terus gencar selesaikan naskah akademis agar bisa rampung di akhir tahun 2019. Selanjutnya naskah akademis segera di serahkan ke DPR RI untuk dimasukan dalam agenda pembahasan DPR RI di tahun 2020. Badan Otorita juga akan dibentuk, sebagai pihak yang berwenang dalam pengelolaan pembangunan IKN.

“Kepala Bappenas yang baru langsung ngebut karena penegasan presiden harus siapkan badan otoritan, harus siapkan undang-undang ibu kota negara, kemudian juga peraturan presiden untuk mendukung kesana,” kata Rudy.

Terkait pesta demokrasi berupa pemilihan kepala daerah di sebagian wilayah Kaltim, termasuk Balikpapan di tahun 2020, dipastikan Rudy tidak mempengaruhi kinerja pemerintah dalam menyelesaikan tahapan persiapan IKN baru. Mengingat IKN mengambil di kabupaten di Kaltim yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saya ga tau politik ya. Tetapi selama belum ada undang-undang ibu kota negara, pemerintahan masih berjalan biasa. Namun setelah ditetapkan deliniasinya, baru kita bicara tentang itu,” ujarnya seraya tertawa kecil.

Adapun Timeline pemindahan IKN terbagi dalam lima tahapan, yang dimulai sejak tahun 2017. Ground breaking IKN ditargetkan tahun 2020 dan awal pemerintahan IKN baru ditargetkan mulai tahun 2024.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Jangan Tertipu Pinjol Abal-abal, Begini Cara Mengetahui Pinjaman Online Terpercaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setiap orang pasti pernah mengalami masalah keuangan. Salah satu solusi untuk mengatasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.