Home / iniFLASH / Produksi 10 Unit Taxi Kayu, 1 Unit Butuh Dana Rp 260 Juta
Taxi Kayu / FB

Produksi 10 Unit Taxi Kayu, 1 Unit Butuh Dana Rp 260 Juta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Taxi Kayu bakal menjadi ikon baru Kota Balikpapan . Transportasi utama masyarakat Kota Minyak julukan Balikpapan tempo dulu itu, akan kembali mengaspal sebagai kendaraan wisata.

Ketua Komunitas Balikpapan Jaman Dulu (Bajadul) Benhur Panjaitan mengatakan, saat ini ada 10 unit Taxi Kayu yang kini tengah diproduksi dan akan di launching bertepatan dengan HUT Kota ke 124 pada 10 February 2021.

“Ini sudah lagi produksi, buatnya di Balikpapan, ini kita rahasiaka. Tapi ini mungkin 2-4 unit dulu tergantung percepatan (pembuatannya,” ujar Benhur.

Menurutnya, biaya untuk produksi 1 unit Taxi Kayu cukup mahal mencapai Rp 260 juta. Karena seluruh body kendaraan terbuat dari kayu bangkirai yang merupakan kayu asli Kalimantan dan mesinnya menggnakan mesin jeep.

“Kayunya adalah kayu bangkirai, kayu makin kena air makin kuat. Jadi kita bukan bikin replikanya yang kita buat reborn melahirkan kembali,” ujarnya.

Untuk biaya produksi Nemhur menuturkan, mereka menjual merchandise, donasi bagi yang memiliki dana lebh maupun sponsorship perusahaan. “Semua pihak yang bantu, karena kita punya konsep kita kawa bersama kita bisa,” ujarnya.  

“Kita buat merchandise, dengan beli berarti sudah ikut menyumbang hasilnya untuk itu, donasi yang punya dana lebih, sponsorship itu nanti kalau sudah jadi unitnya. Pertamina mau pasang logonmya atau dia mau beli 1 unit,”

Nantinya unit Taxi Kayunya akan di disimpan di Bajadul Aktifity center tempat dimana akan menjadi pusat oleh-pleh Balikpapan. Mereka juga akan mengandeng UMKM disejumlah wilayah untuk memasarkan produknya.

“Bajadul Aktifity center disitu juga nanti ada pusat oleh-olehnya Balikpapan juga terbesar dan nanti kerjasama dengan beberapa wilayah, di Utara, di Manggar ada, Kampung Baru Jung, ada semua,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Masih Ada Puluhan Karyawan PHKT Platform Sepinggan Belum Keluar Hasil Swab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 66 karyawan perusahaan Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang yang bekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.