Pemudik asal Surabaya masih Padati Pelabuhan Semayang

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Empat Hari sebelum Lebaran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PT. Pelni Balikpapan memperkirakan pucak arus mudik di Pelabuhan Semayang akan terjadi pada 11 Juni atau empat hari sebelum lebaran.

Hal itu disampaikan Kepala Operasil PT Pelni Balikpapan Ibrahim. Bahkan tiket keberangkat ke sejumlah daerah tujuan pada tanggal tersebut, telah ludes terjual. Meski hingga kini belum diketahui apakah ada tambahan seat.

Pada bulan ini ada 19 keberangkatan maupun kedatangan. Sedangkan pada bulan Juni ada 26 keberangkatan maupun kedatangan. Tiga kapal yakni KM Lambelu, KM Bukit Siguntang, dan KM Labobar an disiapkan Pelni.

“Nanti akan ada tambahan armada saat arus balik, Umsini dan Ngapulu. Saat arus balik bulan Juni nanti. Keberangkatan diantaranya ke Parepare, Makassar, Mumere, Lleba, Kupang. Juga Tarakan, Nunukan, Pantoloan dan yang lain. Ada juga ke Surabaya,” ujar Ibrahim.

Dia menjelaskan, kemungkinan bakal terjadi lonjakkan penumpang, namun hanya sekitar 3 persen. Saat ini kata Ibrahim masih tersedia, seat khusus diluar tanggal 11 Juni.

“Untuk penambahan seat hari H baru diketahui. Sementara untuk tiap kapal sesuai serifikat kapasitasnya kira-kia 2.000 penumpang, dan 3.000 penumpang untuk kapal besar. Sejauh ini masih cukup, karena sekarang semua kan kelas ekonomi, tidak ada kelas 1, 2, dan 3 lagi,” ujarnya

Dia menambahkan, KM Labobar dapat mengangkut sebanyak 5.451 penumpang, sementara untuk KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu sebanyak 3.990 penumpang.

Baca juga ini :  Ratusan Penumpang di Pelabuhan Semayang Langgar Protokol Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.