RP 4,8 Miliar Untuk Keruk dan Perlebar Waduk Wonerejo Kampung Timur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bidang Pengairan PU Balikpapan menargetkan pengerukan lanjut Waduk Wonorejo di kelurahan Gunung Samarinda akan selesai setelah Lebaran 2018.

Dalam waktu dekat pekerjaan fisik ini akan dilelang secara terbuka

Kabid Pengendalian Banjir dan Sumber Daya Air PU Balikpapan Rita mengatakan pemerintah kota mengalokasikan anggaran Rp4,8 miliar
” Nanti Pengerjaan semua setelah lebaran nanti mudah-mudahan lelang fisiknya selesai. Nanti dari hasil perencanaan baru kami lihat apa-apa (pekerjaan),” katanya usai mendampingi Plt Wali Kota Rahmad Mas’ud meninjau waduk Wonorejo, (22/3/2018).

” Dari perencanaan itu nanti kita lihat mana yang prioritas kan perencanaan lagi berjalan jadi nant aku lihat dulu yang mana-mana yang ada duitnya dulu,” sambungnya. Waduk Wonorejo memiliki luasan sekitar 6 hektar.

Dia memastikan periotas yang dilakukan seperti yang diminta Plt Wali Kota yakni pengerukan waduk dan juga perbaikan pintu air.

Dia menyatakan dengan pengerukan waduk, diharapkan bisa mengurangi debit air yang turun ke wilayah hilir sungai Ampal. Selain itu pihaknya akan memperbaiki pintu waduk yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dilakukan buka tutup waduk.

” Ya rusak sudah lama karena mereka tidak mau itu ditutup kalau hujan karena diatasnya juga kebanjiran (perumahan sosial Batu Ampar). Ya itu dirusak memang oleh warga,” tutur Sunaryo Ketua RT 39 Gunung Samarinda usai mendampingi Plt Wali Kota.

plt Wali Kota Rahmad Mas’ud bersama Rita Kabid Pengairan PU Balikpapan

Dalam tinjauan diketahui jika debit hujan tinggi dan air pasang maka dipastikan limpahan air yang mengalir ke wilayah Hilir akan tinggi sebab keberadaan waduk Wonorejo menampung air dari kawasan utara mulai dari Km7-8, kawasan Batu Ampar hingga kawasan perumahan dekat tanjakan Mazda.

Baca juga ini :  Hari Batik Nasional, 72 Siswa Membatik Bersama

“Semua turun nya kemari ke waduk. Makanya hujan Sabtu malam (17/3) Wanarejo itu banjir,” ujarnya.
Diketahui Plt Wali Kota Rahmad Mas’ud melakukan tinjauan di 9 lokasi untuk melihat dari dekat persoalan banjir yang melanda kota Balikpapan.

Rahmad Mas’ud bersama rombongan meninjau depan SMP 6 Sumber Rejo, waduk Wonorejo, perumahan Sosial Batu Ampar, kompleks Tumaritis MT Haryono, Bendali Gran City, jalan MT Haryono depan Global Futsal, Pos 10 Perumahan Balikpapan Baru, BDS jalan ZA Maulani dan perumahan Tentara Damai.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.