Stadion Balikpapan Terbaik di Asia, Mirip Kandang Arsenal

Kontraktor Pelaksana Proyek Pembangunan stadion Balikpapan mengkalim stadion milik Pemerintah Kota Balikpapan yang saat ini sedang dalam tahap pemasangan rumput, merupakan salah satu stadion terbaik di Asia.

“ Ini mirip stadion arsenal. Stadion ini dibangun skala internasional terbaik di Asia dan belum ada di Indonesia dan Asia yang mengenakan atap seperti bando,” ujar Yudi dari Managemen Kontruksi ditemui di stadion.

Stadion berkapasitas 40 ribu penonoton ini memiliki empat tiang dibagian atas atap saling terhubung seperti bando. Dua tiang panjang bando sekitar 150 meter sedangkan dua tiang bando bentang pendek panjang sekitar 90-100 meter.

Tiang bando yang melintang ini sejak sepekan lalu jika malam menyalah karena dilengkapi oleh fasilitas lampu RGB sebanyak 530 unit.

“ Bando ini variasi saja dan malam menyalah. Kalau dari atas pesawat sudah kelihatan,”ujarnya

Selain itu, stadion Balikpapan ini untuk lapangan bagian bawah dicor beton. Lalu ditutup pasir, tanah dan topsoil serta rumput hijau. Panjang lapangan 105 meter denan lebar 68 meter.

“ Ya bawahnya lapangan dibeton ini baru di Balikpapan. Biasanya kan distadion lainya bawah langsung tanah ya ini kita cor beton. Pertimbangan karena tanah ini kan dekat laut. Kita Jaga supaya kondisi lapangan tidak turun,” ujarnya.

Dioa menambahkan, stadion yang akan menjadi kandang Persiba Balikpapan musim depan ini juga dilengkapi ruang VIP dan ruang media untuk peliputan.

“Meubeler di ruang VIP disiapkan itu muat sekitar 80 orang,” pungkasnya.

Baca juga ini :  Pertama Kali Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pekan Budaya India

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.