Sudirman Djayaleksana / foto sebelum pandemi covid-19

Tahun Ini Jalan Mulawarman Diusulkan Dipasangi Zona Selamat Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Hingga kini masih banyak sejumlah kawasan di Kota Balikpapan yang belum dipasang zona selamat sekolah (ZOSS). Karenanya tahun ini Pemerintah Kota Balikpapan berencana memasang ZOSS dikawasan yang belum terpasang.

“Kawasan yang diusulkan untuk pemasangan ZOSS, jalan Mulawarman karena banyak sekolah, SD dan SMP yang posisinya di pinggir jalan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana

Pemasangan ZOSS merupakan program Kementerian Perhubungan dan tidak menggunakan anggaran daerah. “Dikerjakan Balai Transportasi Angkutan Darat, jadi anggaran Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

“ZOSS ini dilengkapi zebra cross, warna jalan di depan sekolah biasanya digunakan warna merah, dan perambuan. Di situ, akan ada rambu larangan parkir dan larangan mendahului kendaraan satu sama lainnya,”

Kata dia, pemasangan ZOSS salah satunya untuk memberikan rasa aman bagi siswa dari resiko kecelakaan. “Jalan yang bisa dipasangi ZOSS ini jika aktivitas lalu lalang kendaraan kecepatannya diatas 40 Km perjam,” ujarnya.

“Untuk itu pemasangan ZOSS tidak bisa sembarang, harus dilihat juga tingkat aktivitas kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.”

Saat ini lanjutnya dia, memang hanya beberapa kawasan yang sudah terpasang ZOSS, diantaranya jalan Soekarno – Hatta Km 2 dan Km 10 maupun Jalan Iswahyudi. Karena rata-rata kendaraan kecepatannya diatas 40 Km per jam.

Sementara di jalan utama Ahmad Yani justru belum dipasangi ZOSS, meskipun wilayah tersebut banyak sekolah. Hanya saja karena lalu lintas padat sehingga kecepatan kendaraan pun tidak terlalu cepat. Bahkan ada dibawah 40 Km.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ribuan Peserta Nusantara Bersatu Padati Lapangan Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.