Terbatas Anggaran Rekrutmen Anggota Linmas di Balikpapan 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemkot Balikpapan melalui Satuan Polisi Pamong Praja tengah membuka perekrutan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas).

Perekrutan itu sudah dimulai Januari ini, hingga batas waktu penutupan pada akhir bulan.

Kabid Linmas Satpol PP Balikpapan, Rizky Farnovan menjelaskan,  perekrutan Linmas terbagi menjadi dua diantaranya Satlinmas yang berada di tingkat kecamatan dan  di tingkat kelurahan.

“Sudah kami koordinasi kepada camat dan lurah setempat pembukaan resmi Satlinmas,  dengan regulasi yang harus dipenuhi persyaratan karena kondisi di lapangan banyak personel yang sudah tidak memenuhi syarat seperti usia maksimal sudah melampaui,” ujar Rizky kepada media ini Selasa (24/1/2023).

Nantinya pihak kecamatan maupun kelurahan yang melakukan validasi calon Satlinmas, yang kemudian diserahkan ke Satpol PP untuk diteruskan ke Wali Kota Balikpapan.

“Nama-nama yang diusulkan untuk selanjutnya disahkan melalui SK Wakikota untuk Satlinmas Kecamatan dan SK dari Satpol PP untuk Satlinmas Kelurahan,” sebutnya.

Kebutuhan untuk petugas Satlinmas Kota Balikpapan berjumlah 132 orang, yang dibagi di 6 kecamatan yang masing-masing kecamatan berjumlah 5 orang. Sedangkan di tingkat kelurahan tersebar di 34 kelurahan, dengan alokasi masing-masing kelurahan berjumlah 3 orang.

“Sebetulnya jumlah itu, masih di bawah jumlah ideal, karena sesuai aturan yang ada bahwa jumlah minimal di tingkat kecamatan adalah 10 orang. Sedangkan ditingkat kelurahan seharusnya 5 orang,”ujarnya.

Menurut Rizky, dikarenakan anggaran Pemkot Balikpapan yang belum dapat mengakomodir jumlah Linmas sesuai aturan.”Namun kami masih menyesuaikan terkait dengan tugas dan fungsinya di lapangan bahwa jumlah personel itu kami bisa memaksimalkan dengan ketersediaan yang ada,”katanya. 

Pada dasarnya, pelaksaan tugas Linmas bersifat sukarela untuk mengabdikan tenaga, pikiran dan waktu kepada pemerintah untuk melakukan pengamanan swakelola di lingkungan masing-masing.

Baca juga ini :  Mesin ADM Mampu Cetak 24 Jenis Dokumen Kependudukkan Tanpa Harus ke Kantor Disdukcapil

“Satpol PP Balikpapan mengakomodasi operasional anggota Linmas, jadi masing-masing personel melaporkan minimal 10 kegiatan setiap bulan dengan mendapatkan insentif Rp500 ribu per orang, ini memang masih di bawah standar. Jika dibanding dengan tugas dan kewajiban yang sangat berat akan tetapi ini kita berusaha semaksimal mungkin membantu tugas di lapangan,” tuturnya.

Dia menambahkan, nantinya para petugas Satlinmas juga dibekali dengan Pendidikan Dasar (Diksar). “Diharapkan rekan-rekan Linmas bisa memiliki pengetahuan dan informasi dasar di dalam melakukan tindakan yang nantinya akan dihadapkan dalam pengamanan,” pungkasnya.

Ini pencarian Populer:https://www inibalikpapan com/terbatas-anggaran-rekrutmen-anggota-linmas-di-balikpapan/

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.