Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017). [Antara/Syaiful Arif]/suara.com)

TNI AL akan Investigasi Penyebab Tenggelamnya KRI Nanggala-402

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – TNI Angkatan Laut bakal melakukan investigas penyebab pasti tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Demikian disampaikan Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Muhammad Ali

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com, dia mengatakan, investigasi akan melibatkat para pakar kapal selam. Selain itu juga akan melakukan audit kelayakan kapal selam yang digunakan TNI AL.

“Kita investigasi juga tapi harus menghadirkan para pakar, bukan para pengamat. Para pakar kapal selam dan para pakar ahli pembuat kapal selam,” ungkap Ali dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

Kemudian terkait dengan evakuasi kapal selam Nanggala-402, Ali menyebut masih terus dilaksanakan hingga saat ini.

MV Swift Rescue dari Singapura dikatakannya sudah mengangkat hidropon kapal selam Nanggala-402 menggunakan ROV (Remotely Operated Vehicle.

Sejumlah foto kapal selam Nanggala-402 sudah dapat diambil untuk melihat kondisi di dalam air. Ali menyebutkan evakuasi akan dilakukan dengan mengangkat bagian per bagian berskala kecil.

“Karena kemampuan dari ROV itu mengangkat hanya 150 kg. Tapi nanti kita koordinasikan untuk yang lebih besar dari itu,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Mulai Awal April, Bandara Samarinda akan Gunakan GeNose untuk Deteksi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.