Wali Kota Akan Launching Proyek Penanganan Banjir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud akan melaunching proyek multiyears penanganan banjir DAS Ampal dan sekitarnya. Lokasi peluncuran akan dilakukan di dekat Global Sport, Senin ( 5/9/2022).

Rencananya wali kota akan mengoperasikan alat berat membuka jalur drainase dekat Global Sport tembus Perumahan Wika.

“Akan ada alat berat. Beliaukan pintar gunakan alat ya mungkin pak wali pakai eksa untuk keruk tanah,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan Andi Yusri Ramli ditemui Jumat sore (2/9/2022).

Pembuatan drainase dan peninggian badan di global sport merupakan salah satu titik proyek multiyears 2022-2023 yang sudah disepakati pemerintah kota dan DPRD Balikpapan dengan nilai lebih dari Rp136 miliar.

“Itu sampai Desember 2023 mudah-mudahan lebih cepat,” ujarnya.

Khusus di Global juga dilakukan peninggian badan jalan sehingga tanjakan atau turunan tidak terlalu curam. “Jadi ada menangani masalah genangan dan juga jalan ada persoalan lalintas akan lebih baik,” katanya.

Dari Rp136 miliar lebih kontrak dua tahun penanganan banjir adalah 6 titik DAS Ampal sebagai saluran primer Yusri menyebutkan terdapat enam titik penanganan banjir untuk multiyears yakni saluran Global, saluran Wika,  saluran MT Haryono, sekunder Balikpapan baru, sekunder Inhutani dan pengangkatan dibawah jembatan PDAM dan jembatan dekat Zuric.

Untuk saluran sekunder MT Haryono, akan dilebarkan drainase dari 3-4 meter menjadi  7 meter dengan kedalaman 2,7 meter. Lokasi berada di jembatan beller hingga lampu merah BDS hingga Telkom begitu pula sebaliknya.

“Cukup untuk orang bersihkan, kita pakai material precas, dicetak. Nanti diangkat dan dipasang seperti gunung malang. Kalau ini tidak box tertutup semua tapi bentuk U diatas dicor akan permukaan rapi rati dan bisa dimotif untuk orang jalan,” jelasnya.

Baca juga ini :  DPRD Balikpapan Paripurnakan Hasil Evaluasi Gubernur, APBD Perubahan 2021 Disahkan

Menurut Yusri kedepannya bukan hanya penanganan banjir tapi juga akan dipercantik pedesterian yang akan dilakukan bidang Jalan di PU Balikpapan.

“Persoalan banjir yang mau ditangani sekaligus menata pedesterian. Akan tersedia media pedesterian lebar 7 meter kiri kanan. Kalau mau diarsiteki itu akan ada pemasangan batu alam. Tapi itu next dibidang jalan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Kabid Sumber Daya Air PU Balikpapan Faridah menambahkan untuk pekerjaan multiyeras di Global Sport MT Haryono  akan sampai ke perumahan Wika karena aset jalan sudah diserahkan ke pemkot

 “ Depan Global Sport kita siapkan gorong-gorong, sekaligus perbaikan geometric jalan. Harapan hujan air masuk saluran kiri kanan, masuk ke gorong-gorong dan air tidak tergenang di jalan,” ujarnya.

Selain itu pekerjaan multiyear yakni perbaikan drainse dari depan HotelHemra (jembatan Dam) hingga lampu merah BDS dan depan Auto 2000.

 “kurang lebih sampai situ anggaran yang disiapkan. Jalur sebelahnya dikerjakan juga dari jembatan beller tembus sampai depan Telkom itu titik untuk pekerjaan multiyears,” tambahnya.

Sedangkan di aliran Sungai Ampal, akan dilakukan pengangkatan bekas beton-beton yang menghalangi aliran air di bawah jembatan PDAM Dam.

“Disitu ada bongkahan beton dan tanah juga dibawah jemnbatan Zuric. Jaadi untuk sungai Ampal kita kerjaan bersihkan itu aliran agar air tidak ada hambatan bisa samapai ke laut,” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.