Waega menunjukkan uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan / istimewa

Warga Balikpapan Antusias Menukarkan Uang Pecahan Rp 75 Ribu Edisi Khusus Kemerdekaan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Animo masyarakat Kota Balikpapan menukarkan uang pecahan Rp 75 ribu edisi khusus kemerdekaan saat tinggi, Hal itu disampaikan Kepalla Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto.

“Animo masyarakat terhadap penukaran uang edisi khusus ini memang sangat tinggi, terlihat sekali animonya,” ujar Bimo Epyanto.

Dia mengatakan, meski animo masyarakat tinggi, namun setiap harinya dibatasi  jumlah yang menukarkan uangpecahan edisi khusus kemerdekaan tersebut. Maksimal hanya 150 orang karena dimasa pandemi covid-19

“Jadi diatur jamnya mulai 08.00-09.00 Wita dan jam 10.00-11.00 Wita, jadi memang dibatasi dan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya

Namun karena terbatas ada persyaratan untuk menukarkan uang pecahan edisi khusus kemerdekaan. “Mereka yang menukarkan sesuai dengan aplikasi dan menunjukan identitas KTP kepada petugas. Data nya akan dicocokan,” ujarnya.

Penukaran uang pecahan edisi khusus kemerdekaan itu juga hanya sampai 2 September 2020. Dicetak hanya sebanyak Rp 75 juta dan peluncurannya pun dilakukan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus Kemarin.

“Ya karena memang pecahan baru ini kami keluarkan hanya 25 tahun sekali dan setelah ini menunggu hingga 25 tahun lagi,” ujarnya.

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki KTP bisa memilki uang pecahan edisi khusus kemerdekaan  melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id.

Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Comments

comments

Baca juga ini :  Bank Indonesia Balikpapan Gelar Sekolah Peduli Rupiah, Diikuti 1.700 Pelajar di Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.