Pertamina Gelar Final Innovation Project Series 5R Business Idea

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Gelaran kompetisi inovasi yang dilaksanakan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan memasuki babak final. 

Kompetisi yang bergelar Pertamina RU V Innovation Project Series 5R Business Idea tahun 2022 tersebut menampilkan 5 tim finalis. Para Finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ide dan gagasannya di depan dewan juri di Gedung Banua Patra, Balikpapan. Senin, (05/09/2022).

Kompetisi ini berlangsung dengan beberapa tahap rangkaian kegiatan diantaranya adalah tahap pendaftaran, kunjungan lapangan, upload proposal ide, pengumuman finalis, presentasi finalis, pengumuman tim pemenang dan diakhiri dengan implementasi ide. 

Kompetisi ini merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap lingkungan dalam aspek 5R  yaitu Refuse, Reuse, Reduce, Recycle dan Repurpose. “Pelaksanaan kompetisi Innovation Project Series 5R Business Idea kali ini mengusung tema tentang pemanfaatan kertas bekas yang berasal dari Kantor Pertamina,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. 

Kompetisi Innovation Project Series 5R Business Idea ini ditujukan agar agar para mahasiswa dapat turut berkontribusi dalam menyalurkan aspirasi serta kreatifitas mereka untuk membuat sebuah inovasi baru yang berdampak positif pada lingkungan.

Kegiatan presentasi berlangsung dengan sangat baik, dimana kelima finalis mempresentasikan ide-ide kreatif mereka dengan penuh percaya diri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar peserta finalis dan diskusi antara finalis dan dewan juri.

Kelima Finalis yang menampilkan ide proposalnya yaitu Tim 3.0 Three Point Zero dari Kampus STT Migas Balikpapan, dengan judul ide bisnis “Pemanfaatan Limbah Kertas Dalam Lingkungan RU V Sebagai Parlet Starter Untuk Mempermudah Nyala Api Pada Arang”

Kedua, Tim Alaska dari Kampus STT Migas Balikpapan, dengan judul ide bisnis “OLAB LIKER (Oil Absorbent Boom dari Limbah Kertas): Inovasi Oil Absorbent Boom dengan Pemanfaatan 100 Karung Limbah Kertas” 

Baca juga ini :  Triwulan I/2018, Telkom Salurkan Pinjaman Rp1,2 Miliar

Ketiga, Tim Olympus dari Kampus STT Migas Balikpapan, dengan judul ide bisnis “Prospek Green Envelope Sebagai Solusi Penanggulangan Limbah Kertas Di Era Industri 4.0”

Keempat, Tim Redtech The Mongols dari Kampus STT Migas Balikpapan, dengan judul ide bisnis “Pemanfaatan Daur Ulang Kertas Menjadi Briket dan Batako”

Kelima, Tim Rufive dari Kampus STT Migas Balikpapan, dengan judul ide “Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Biogas Sebagai Sumber Energi Alternatif dan Pupuk Organik di Wilayah Balikpapan”

Pada kegiatan presentasi Innovation Project tersebut, terdapat 3 juri yang menjadi penilai presentasi, yaitu Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin, Section Head Environment RU V Balikpapan Ery Puspiartono, serta Section Head Quality Management RU V Balikpapan Mohamad Zulfihar.

Chandra berharap siapapun pemenangnya nanti dapat mengimplementasikan hasil idenya dengan baik “Kita berharap, melalui tim yang hadir disini tidak hanya berhenti pada ide-ide melainkan juga harus diimplementasi menjadi program yang baik serta dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan kertas bekas, tidak hanya di Pertamina namun nantinya juga di Kota Balikpapan,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.