Sargas Saber Pungli Balikpapan saat dikukuhkan

Satgas Saber Pungli Balikpapan Dikukuhkan, Ini Fokusnya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli), Kamis (15/12) kemarin. Mereka terdiri dari lintas instasi dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Balikpapan.

Setidaknya ada 45 personil dari lintas instasi dan SKPD Balikpapan itu diantaranya, Kejaksaan, Kodam, TNI AL, Lanud, Kodim, Ombudsman, Imigrasi, Bea Cukai maupun maupun jajaran Asiten Pemerintah Kota Balikapapn.

Rizal Effendiberharap, dibentuknya Satgas Saber Pungli tersebut, akan fokus melakukan pencegahan dan penindakkan khususnya yang menyangkut pelayana publik, diantaranya di perijinan, pendidikkan, kesehatan, Bea Cukai, Imigrasi maupun Pelabuhan.

Rizal Effendi pun tak menapik, kemungkinan adanya pungli di lingkungan Pemerintahan Kota Balikpapan maupun instansi lainnya khususnya yang menyangkut pelayanan public tersebut. Dia menganggap keberadaan Satgas Saber Pungli akan efektif menekan pungli.

“Yang sudah diketahui masyarakat (kerap ada pungli) mungkin di perijinan, mungkin di pendidikkan, mungkin di kesehatan, mungkin di Bea Cukai, mungkin di Imigrasi, mungkin di Pelabuhan, itu sector yang menjadi prioritas (pengawasan) dari saber pungli,” kata Rizal Effendi.

Setelah dikukuhkan, Satgas Saber Pungli Kota Balikpapan langsung efektif bertugas melakukan pencegahan dan penindakkan. Satgas Saber Pungli dibetuk melalui SK Wali Kota Balikpapan. Dipimpin Wakil Kepala Polres Balikpapan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Besok New Normal Mulai Diterapkan, Pelayanan Publik dan Ruas Jalan Dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.