Warga Pelabuhan Logpon Yahukimo Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari Polisi

YAHUKIMO – Program Keladi Sagu (Kesehatan Lambang Diri Sehat Guna) inisiasi Operasi Damai Cartenz 2022 kembali berlanjut.

Kali ini, pada Kamis (15/9/2022), personel Satgas Binmas Noken bersama Satgas Preventif Ops Damai Cartenz 2022 bergerak secara door to door ke rumah warga guna memberi pelayanan kesehatan secara gratis di wilayah Pelabuhan Logpon, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Kasatgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol. Nanang Purnomo saat memimpin kegiatan tersebut mengatakan, jegiatan pelayanan kesehatan ini merupakan salah satu dari empat kegiatan yang dilaksanakan Satgas Binmas Noken, yakni Si-IPAR, Program Koteka, Program Kasuari, dan yang hari ini dilaksanakan Program Keladi Sagu.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesehatan warga.

“Pelayanan kesehatan ini digelar secara gratis, tidak dipungut biaya, dan dilaksanakan secara door to door,” katanya.

“Kita mendatangi masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan, masyarakat yang mengeluh sakit kami berikan pengobatan secara gratis,” sambung Kombes Pol. Nanang.

Dirinya berharap, kegiatan ini menjadi pintu masuk dari upaya harkamtibmas. Sehingga masyarakat mendukung kegiatan-kegiatan untuk menciptakan kamtibmas.

“Bisa dilihat banyak warga yang merasa terbantu dengan adanya program Keladi Sagu ini,” ujarnya.

Total ada 5 warga yang mendapat pelayanan kesehatan gratis pada pelaksanaan Keladi Sagu kali ini. Keluhan mereka beragam, mulai batuk pilek, demam, adanya kutil, hingga luka robek akibat senjata tajam.

Salah satu warga yang mendapat pelayanan kesehatan ini, Yosua Soka mengaku, dirinya senang karena tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke rumah sakit.

“Karena kalau kita ke kota, perlu biaya besar untuk transportasinya,” jelasnya.

“Kami berharap pengobatan ini terus dipertahankan agar kita masyarakat kampung sini dapat obat gratis dan anak-anak kami atau mama-mama atau torang di sini jika sakit bisa cepat sehat,” imbuh Yosua.

Baca juga ini :  Siapkan Fisik dan Mental Jelang Ramadan

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, program ini akan rutin dilaksanakan di berbagai lokasi di Kabupaten Yahukimo.

“Sehingga manfaat program ini dapat dirasakan oleh lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan. Karena banyak dari masyarakat di sini yang mengaku bila sakit tidak berobat karena keterbatasan biaya,” Pungkas Kasatgas Humas.

Kegiatan sendiri berlangsung selama 4 jam, dimulai sejak pukul 8 pagi WIT, dan selesai pada pukul 12 siang WIT. (*)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.